BAB I
PENDAHLUAN
1.1 . Latar Belakang Masalah
Globalisasi perdagangan pada saat ini tumbuh dan berkembang sangat pesat. Demikian halnya dengan dunia usaha termasuk berkembangnya pemasaran yan6 juga tumbuh dan berkembang untuk mengadaptasi perubahan yan6 terjadi dalam perdagangan baik skala global maupun lokal. Pemasaran di sini dipandang penting oleh perusahaan sebagai salah satu usaha terintegrasi membuat produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen dimana pemasaran bertugas memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen, dan agar konsumen bisa memenuhi kebutuhannya pada waktu dan tempat yan6 sesuai.
Stategi pemasaran menjabarkan program pemasaran untuk mencapai sasaran perusahaan. Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dan atas logika itu unit bisnis diharapkan bisa mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri atas pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran perusahaan, bauran pemasaran, alokasi pemasaran, dan hubungannya dengan keadaan lingkungan yan6 diharapkan dan kondisi persaingan yan6 dihadapi.
Strategi pemasaran juga menjadi salah satu faktor penentu perkembangan dan pertumbuhan perusahaan Toshiba yan6 sangat pesat khususnya laptop . Hal ini ditandai dengan terus bertambahnya kuantitas laptop yan6 dimiliki masyarakat dan terlihat pada mobilitas laptop yan6 berada di tangan-tangan masyarakat. Perusahaan Toshiba dapat dilihat dari berbagai dimensi yan6 cukup luas. Ruang lingkup perusahan Toshiba bias mencakup dimensi investasi, manajemen, marketing,pembelanjaan dan transaksi lainnya yan6 menjadi faktor utama dalam proses pertukaran uang dan barang. Khususnya perusahaan Toshiba, laptop sangatlah nampak perkembangannya, laptop lahir dengan berbagai merek, model, type, warna, spesifikasi lainnya. Semua ini sejalan dengan terus meningkatnya mobilitas dan aktivitas penduduk diberbagai aspek. Ini menunjukkan bahwa dalam perusahaan Toshiba mengalami persaingan yan6 sangat ketat. Masalah tersebut di satu sisi merupakan ancaman (threats), tetapi disisi lain merupakan peluang (opportunity) bisnis baru.
Kondisi tersebut jika diamati dari dimensi bisnis dan aktivitas pemasaran memiliki pengaruh besar dalam merumuskan kebijakan bisnis perusahaan Toshiba di masa akan datang. Kebijakan strategi pemasaran merupakan alternatif. Kajian strategi pemasaran yan6 sangat penting adalah menganalisis perilaku konsumen untuk strategy targeting dan meningkatkan keputusan konsumen. Atas itu, perusahaan Toshiba harus mempunyai inisiatif dalam mengambil kebijakan dengan mengdepankan kebutuhan konsumen.
Konsep pemasaran modern orientasinya pada kebutuhan dan keinginan konsumen. Langkah pertama dari strategi ini memahami keinginan, kebutuhan dan selera konsumen (customer is king). Jika perusahan laptop ingin tetap eksis di pasar, maka harus tetap konsisten dengan strategi tersebut. Laptop merek Toshiba khususnya selain dipandang sebagai alat komputerisasi juga sebagai sebagai komunikasi dan berbagai kebutuhan lainnya. Keputusan Pembelian laptop merek Toshiba didasarkan pada harga (nilai ekonomis) dan kebutuhan yan6 harus ada sebagai alat teknologi komunikasi untuk bekerja, berekreasi dan sebagainya, bahkan untuk saat ini banyak masyarakat yan6 memiliki laptop lebih dari satu. Semua merek laptop berlomba-lomba menciptakan inovasi-inovasi baru model dan desain terus diuji cobakan dan dikembangkan sesuai selera konsumen. Promosi besar-besaran dilakukan diberbagai media, baik cetak maupun elektronik. Ini menunjukkan bahwa permintaan pasar laptop merk Toshiba sangat tinggi. Tingginya permintaan tersebut tidak hanya disebabkan oleh faktor harga dan kebutuhan semata, akan tetapi juga banyak dipengaruhi oleh faktor lainnya, seperti atribut produk dan promosi yan6 dilakukan oleh distributor.
Secara umum pemasaran dapat dikatakan sebagai pola pikir yan6 menyadari bahwa perusahaan tidak dapat bertahan tanpa adanya transaksi pembelian. Perusahaan harus dapat memasarkan barang atau jasa yan6 diproduksi kepada konsumen agar dapat bertahan dan bersaing dengan perusahaan lain. Strategi kebijakan harga dan mengenal kebutuhan konsumen merupakan senjata strategis yan6 potensial untuk mengalahkan pesaing. Jadi hanya perusahaan dengan mempunyai kebijakan harga termurah dan mengenal kebutuhan konsumen akan tumbuh dengan pesat, dan dalam jangka panjang perusahaan tersebut akan lebih berhasil dari perusahaan yan6 lain.
Oleh karena itu perusahaan dalam mengeluarkan produk sebaiknya disesuaikan dengan harga dan kebutuhan. Dengan begitu maka produk dapat bersaing di pasaran, sehingga menjadikan konsumen memiliki banyak pengetahuan tentan fungsi dari pemakaian laptop sebelum mengambil keputusan untuk membeli suatu produk yan6 ditawarkan. Harga merupakan salah satu faktor yan6 sangat mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk, dimana konsumen menginginkan harga produk yan6 murah dengan kualitas yan6 bagus dan bisa dijangkau. Oleh seba itu perusahaan Toshiba harus berpikir serius tentang kebijakan harga yan6 akan ditetapkan nantinya. Kebutuhan juga merupakan salah satu faktor yan6 menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk, dimana kalau perusahaan mengetahui apa dan bagaimana kebutuhan dari konsumen, maka otomatis perusahaan telah berhasil memasuki pasar dan penjualan produknya. Oleh karena itu setiap kebijakan yan6 diambil oleh perusahaan laptop yan6 jangan pernah lupa akan mengkaji kebutuhan dari konsumennya.
Kedua hal ini menjadi hal yan6 sangat penting dan selalu menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Keunggulan produk ini harus dapat diketahui oleh konsumen dan membuat konsumen tertarik untuk mencoba dan kemudian akan mengambil keputusan untuk membeli suatu produk tersebut. Produk yan6 baik dan bermanfaat bagi konsumen, dengan harga yan6 kompetititif akan berimplikasi pada keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut. Berkaitan dengan hal di atas maka, para pembisnis laptop Toshiba yan6 ada di Kota Beurnuen juga menghadapi tantangan dalam bidang pemasaran. Tingginya pemakaian laptop memicu pula tingginya persaingan antar pembisnis laptop. Untuk itu, sudah selayaknya pihak manajemen pembisnis laptop mengetahui faktor-faktor apa yan6 mempengaruhi keputusan pembelian konsumen agar dapat merumuskan strategi yan6 tepat dalam memasarkan laptop merk Toshiba. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka penulis tertarik mengangkat judul tentang “Analisis Pengaruh Kebutuhan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Toshiba di Kota Beurnuen”
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
- Bagaimana pengaruh kebutuahan terhadap keputusan pembelian laptop merek Toshiba di Kota Beurnuen?
- Bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian laptop merek Toshiba di Kota Beurnuen?
- cBagaimanakah pengaruh masing-masing variabel terhadap keputusan pembelian laptop merek Toshiba di Kota Beurnuen?
Berdasarkan dari rumusan masalah di atas, maka dapat diketahui tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui pengaruh kebutuahan terhadap keputusan pembelian laptop merek Toshiba di Kota Beurnuen.
- Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian laptop merek Toshiba di Kota Beurnuen.
- Untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel terhadap keputusan pembelian laptop merek Toshiba di Kota Beurnuen.
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Dapat digunakan sebagai tambahan referensi dan informasi bagi penyusunan tugas akhir (skripsi) tentang pengaruh kebutuhan dan harga.
- Menambah pengetahuan dan dapat mengidentifikasi permasalahan serta dapat memberikan pemecahan masalah bagi masalah yan6 dihadapi.
- Dapat dijadikan sebagai sumber informasi bagi pihak perusahaan laptop Toshiba dalam usaha meningkatkan pemasaran produknya.
- Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang ilmu ekonomi, khususnya dibidang pemasaran sehingga akan bermanfaat bagi peneliti dimasa yan6 akan datang.