BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha di segala bidang yang semakin pesat dewasa ini tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan manusia yang semakin kompleks pula, sehingga para pelaku bisnis berupaya memanfaatkan kesempatan dan peluang dalam memenuhi kebutuhan manusia dengan cara membuka usaha baru atau melakukan ekspansi (perluasan) usaha dengan membuka cabang pada suatu daerah, lokasi atau wilayah yang dianggap tepat dan efektif. Pada masa sekarang wirausahaan dihadapkan dengan berbagai persoalan dalam menekuni usaha-usahanya, baik itu usaha dalam skala besar ataupun kecil, hal itu dapat dilihat dari tingkah laku konsumen dan persaingan dalam melakukan pemasaran produknya. Pihak usahaan harus mampu menguasai makna dari pada setiap masalah yang terjadi dalam menjalankan usahanya.
Banyaknya usaha yang bermunculan dengan beraneka ragam usaha yang ditampilkan dapat dijadikan sebagai tolak ukur semakin pesatnya pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha di segala bidang. Kenyataan ini tentunya membawa dampak terjadinya persaingan yang semakin ketat dan tajam, karena masing-masing usaha berlomba-lomba mencari dan menetapkan suatu strategi penjualan yang mampu merekrut konsumen (pembeli) sebanyak mungkin. Dengan demikian setiap wirausahaan harus mampu memahami perilaku konsumen pada pasar sasarannya, karena kelangsungan hidup usaha tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya. Salah satu faktor penting yang harus dipahami oleh wirausahaan yaitu mengenai kebutuhan dari pada konsumen, dan juga saingan antar usaha sejenis, sebab, konsumen merupakan faktor penentu berkembangnya usaha yang sedang dijalankannya begitu juga dengan para saingan usaha.
Dengan semakin banyaknya usaha yang menghasilkan produk sejenis, juga berbagai usaha yang menyajikan produk serupa, keberhasilan usaha dalam memasarkan produknya ditentukan melalui proses riset pasar yang relevan yang mampu mengidentifikasi peluang untuk memudahkan dalam menentukan strategi pemasaran, maka perlu strategi-strategi yang harus dirancang oleh wirausahaan dalam menjalankan usahanya. Unsur penjualan langsung merupakan unsur yang menentukan masa depan usaha. Dengan penjualan secara langsung yang semakin tinggi atau meningkat dapat menjamin kelangsungan usaha dan meningkat omset penjualannya. Oleh karena itu para usahaan perlu menyusun sistem penjualan yang memadai untuk meningkatkan laba usaha yaitu dengan peningkatan pengembangan produk dan melakukan penjualan secara langsung. Pengembangan produk dan penjualan secara langsung merupakan strategi yang tepat untuk kelangsungan suatu usaha, sebab konsumen membutuhkan sesuatu yang baru untuk dikonsumsi. Untuk mencapai target penjualan maka pihak usaha harus mengambil inisiatif dengan menjual produk hasil usahanya langsung kepada konsumen. Hal ini dilakukan mengingat besarnya persaingan industri dengan menyerupai produk skala Internasional.
Pengembangan produk adalah bagaimana pihak usahaan menawarkan produk yang memiliki keunggulan kompetitif (memiliki sesuatu yang lebih baik), unik untuk membedakan tawaran suatu usaha dengan tawaran pesaing. Pengembang produk harus diperhatikan oleh wirausahaan agar tidak ketinggalan dari pesaingnya, dengan demikian wirausahaan dapat memaksimalkan total penjualan sebagai dasar memasuki dan memenangkan persaingan. Maka perlu perhatian khusus oleh para pengusaha demi kelancaran usahanya.
Penjualan langsung merupakan salah satu strategi yang dirancang oleh pihak usahaan untuk menjual produknya kepada konsumen dengan cara mennyediakan pemasar khusus langsung kepada konsumen tampa ada perantara lain. Oleh sebab itu strategi penjualan secara langsung dapat diperkirakan lebih efektif dibandingkan strategi-strategi lain, dimana strategi penjualan secara langsung adalah salah satu cara yang tampa sengaja dapat mengetahui bagaimana tingkah laku konsumen dalam memutuskan pembelian terhadap suatu produk yang dipasarkan oleh para pemasar, dan juga para pemasar dapat mengetahui masalah secara langsung terhadap kendala usahanya.
Kota Lhoksumawe merupakan salah satu daerah yang berpotensi untuk pemasaran produk Lenovo A6000 di Lhoksumawe tersebut banyak terdapat warung-warung yang membutuhkan Penjualan Hand Phone sebagai pelengkap usahanya. Jenis-jenis Penjualan Hand Phone yang selama ini dijual adalah seperti, BlackBerry, Asus, Lenovo, Oppo dan lain sebagainya. Dari pernjelasan di atas maka penulis terfokus pada masalah tentang pemasaran Penjualan Hand Phone yaitu Lenovo A6000, dimana penulis ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen dalam pembelian Lenovo A6000.
Berdasarkan pada latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan Judul yaitu: “Pengaruh Strategi Pengembangan Produk dan Penjualan Langsung Guna Meningkatkan Minat Beli Konsumen Terhadap Lenovo A6000 di Kota Lhoksumawe”.
1.2 Rumusan Masalah
Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Bagaimana pengaruh strategi pengembangan produk terhadap minat beli Lenovo A6000 di Kota Lhoksumawe?
- Bagaimana pengaruh Penjualan Langsung terhadap minat beli Lenovo A6000 di Kota Lhoksumawe?
- Diantara kedua variabel yang diteliti, manakah variabel yang lebih dominan mempengaruhi minat beli konsumen terhadap Lenovo A6000 di Kota Lhoksumawe?
Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui pengaruh strategi pengembangan produk
- Untuk mengetahui pengaruh Penjualan Langsung
- Untuk mengetahui pengaruh strategi pengembangan produk terhadap minat beli Lenovo A6000 di Kota Lhoksumawe.
- Untuk mengetahui pengaruh Penjualan Langsung terhadap minat beli Lenovo A6000 di Kota Lhoksumawe.
- Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan mempengaruhi minat beli konsumen terhadap Lenovo A6000 di Kota Lhoksumawe.
Manfaat atau kegunaan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Bagi Peneliti: Untuk bahan pembelajaran baik dalam bidang ilmu pendidikan maupun dalam bidang bisnis.
- Bagi Akademik: Untuk keperluan penyusunan tugas akhir dan menjadikan penelitian ini sebagai pustaka untuk mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.
- Bagi Perusahaan: Menjadikan penelitian ini sebagai panduan dalam keberlangsungan usaha Penjualan Hand Phone.
- Bagi peneliti selanjutnya: Menjadikan penelitian ini sebagai wahana atau refensi dalam mengamalkan pengetahuan tentang penelitian yang serupa.