Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Responsive Ad Slot

Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Minat Konsumen Terhadap Produk Android Merek Oppo Pada Masyarakat Kota Banda Aceh

Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Minat Konsumen Terhadap Produk Android Merek Oppo Pada Masyarakat Kota Banda Aceh
BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam dunia usaha sekarang ini tingkat persaingan antara industri-industri bisnis semakin tajam, tak terkecuali dengan perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia. Dengan semakin majunya teknologi dalam era globalisasi ini, setiap perusahaan berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas produksinya maupun manajemen pemasarannya dengan tujuan memaksimalkan keuntungan-keuntungan sesuai target yang diinginkan oleh setiap perusahaan. Persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis telah merambah ke semua sektor usaha (bisnis), sehingga kompetisi yang ada antara perusahaan semakin ketat. Perusahaan yang bergerak dalam dunia teknologi khususnya Android, tidak lepas dari persaingan tersebut, dimana suatu perusahaan dituntut untuk mampu menghadapi berbagai kendala yang timbul dalam mengelola bisnis usaha pemasarannya, juga untuk menjamin perusahaan yang bersangkutan supaya dapat beroperasi dengan manajemen yang efektif dan efisien.

Perusahaan Oppo merupakan salah satu Perusahaan yang saat ini perkembangannya sangat pesat di dunia termasuk di Indonesia. Ini disebabkan karena Oppo merupakan kebutuhan skunder manusia. Permintaan kebutuhan Android hasil Perusahaan Oppo akan terus meningkat seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta perubahan gaya hidup masyarakat atas perkembangan jaman.

Berkembangnya perusahaan Oppo di dunia tentu sangat berpengaruh bagi bangsa Indonesia, dimana terdapat banyak jenis dan model hasil-hasil ciptaan perusahaan Oppo dari berbagai bahan jenis produk keluran Oppo. Kebutuhan akan Android sekarang ini tidak hanya sekedar sebagai kebutuhan telpon atau SMS melainkan telah menjadi gaya hidup dengan jenis model Android yang mengikuti jaman. Teknologi telah menjadi salah satu hal yang sangat popular di dunia. Seperti halnya Android-Android dengan merek lain yang saat ini semakin berkembang dengan pesat. Zaman dulu Oppo hanya diminati bagi kalangan orang yang mengetahui tentang kelebuhan atau keunggulannya saja dan tidak terfokus pada produk Android tapi bermacam produk keluaran Oppo seperti Televisi, DVD, dan berbagai produk lainya.

Di era modern ini, Android bermerek Oppo telah ditujukan kepada semua kalangan orang dengan model Android yang mengikuti trend-trend yang ada, pengembangannya sangat canggih seperti: dilengkapi kebutuhan online, telpon. Bahkan kebutuhan dalam hal pendidikan. Maraknya persaingan yang ada tentu akan menimbulkan masalah bagi produsen itu sendiri, dimana terjadi kompetisi didalam menarik konsumen sebanyak mungkin. Untuk menarik minat para pembeli, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan perbaikan sistem pemasaran yang efektif. Pemasaran efektif dalam penerapannya bukan hanya bagaimana meningkatkan volume penjualan tetapi juga mengamati tingkah laku konsumen serta memenuhi keinginan konsumen melalui usaha perbaikan kualitas produk, harga, promosi yang sesuai dengan harapan konsumen.

Dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, seringkali perusahaan dihadapkan pada berbagai masalah, seperti kesulitan di dalam meningkatkan volume penjualan, adanya persaingan yang ketat dari perusahaan sejenis, semakin kompleksnya perilaku konsumen terhadap suatu produk, selera konsumen yang selalu berubah-ubah, serta kondisi ekonomi yang kurang menentu. Setiap kegiatan usaha yang bergerak dalam bidang produksi barang atau jasa, perlu dikelola secara efisien dan efektif guna mencapai tujuan usaha yang optimal, oleh karena itu sangat diperlukan adanya penerapan fungsi manajemen disamping memperhatikan pengaruh dari berbagai aspek. Menurut konsep pemasaran berhasilnya suatu perusahaan apabila perusahaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah memasuki era kompetisi.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran produk yang akan dijual adalah dengan memahami kebutuhan konsumen, mengetahui kebutuhan konsumen dan selera dari pada konsumen. Keputusan konsumen merupakan hal yang penting, sebab dengan adanya pemahaman mengenai keputusan konsumen maka perusahaan akan lebih mudah dalam membuat suatu perencanaan pemasaran serta penetapan kebijakan pemasaran dan sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran, alasannya karena berhubungan dengan produk yang akan dijual kepada konsumen.

Menyadari pentingnya mengenai keputusan konsumen, yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah Android merek Oppo, dalam melakukan pembelian produk Android Oppo masyarakat atau konsumen mempunyai pertimbangan tersendiri, hal ini disebabkan karena banyaknya produk Android yang bermucnulan. Dengan munculnya beberapa jenis produk Android Oppo, maka setiap masyarakat berupaya mencari tau tentang produk keluaran Oppo yaitu Android dengan jenis dan type yang berbeda. Hal ini tentunya menyebabkan konsumen semakin bebas memilih jenis Android yang sesuai dengan selera konsumen.

Demikian halnya dengan perusahaan-perusahaan yang menjual Android  merek Oppo di Kota Banda Aceh sebagai salah satu usaha yang dikunjungin konsumen, tentu sangat memperhatikan sistem pemasaran secara efektif pada Oppo yang dipasarkan. Berdasarkan kondisi yang telah disebutkan diatas dimana begitu banyaknya produk-produk yang sama yang ditawarkan dari berbagai macam produsen sehingga meramaikan penjual-penjual Android khususnya merek Oppo.

Salah satu tujuan kegiatan pemasaran perusahaan adalah mempengaruhi konsumen atau calon konsumen agar mereka mau membeli barang atau jasa perusahaan pada saat mereka membutuhkannya. Sebelum kegiatan pemasaran dilakukan, perusahaan perlu mempelajari dan memahami perilaku konsumen terlebih dahulu agar mereka dapat lebih tepat menetapkan kegiatan pemasarannya. Salah satu perilaku konsumen yang penting adalah perilaku dalam melakukan pembelian suatu barang atau jasa. Suatu kegiatan pembelian yang nyata merupakan salah satu tahap dari keseluruhan proses mental dan kegiatan fisik yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Keputusan untuk melakukan pembelian merupakan salah satu tahapan dalam pembelian. Untuk lebih meningkatkan penjualan Android, maka pihak penjual perlu memperhatikan strategi pemasaran dimana strategi pemasaran terdiri dari: produk, harga, promosi dan place. Keempat faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Android bermerek Oppo.

Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas maka penulis tertarik mengajukan judul: “Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Minat Konsumen Terhadap Produk Android Merek Oppo Pada Masyarakat Kota Banda Aceh.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan sebelumnya, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :

  1. Apakah terdapat pengaruh strategi pemasaran (produk, harga, promosi dan saluran distribusi) terhadap minat beli konsumen produk Android merek Oppo pada masyarakat Kota Banda Aceh?
  2. Faktor apa dari bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli konsumen produk Android merek Oppo pada masyarakat Kota Banda Aceh? 

1.3 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah tersebut diatas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :

  1. Untuk menganalisis pengaruh produk, harga, biaya promosi dan saluran distribusi  terhadap minat beli konsumen produk Android merek Oppo pada masyarakat Kota Banda Aceh.
  2. Untuk mengukur variabel mana yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli konsumen produk Android merek Oppo pada masyarakat Kota Banda Aceh.

1.4  Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

  1. Manfaat teoritis: Sebagai bahan pertimbangan bagi manajemen perusahaan atas keputusan-keputusan yang diambil dalam menerapkan masalah bauran pemasaran di masa yang akan datang.
  2. Manfaat praktis: Dengan melakukan penelitian, diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berguna bagi peneliti untuk dapat berpikir secara analitis dan sistematis di masa yang akan datang. 

Untuk file lengkap silakan hubungi : 085275077070
Facebook: https://www.facebook.com/fadlul.fe