BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring dengan kebutuhan masyarakat dalam menjaga penampilan dan gaya hidup, masyarakat dihadapkan pada berbagai keperluan dalam menjaga atau merawat dirinya. Salah satu hal yang sangat dipertimbangkan oleh masyarakat atau konsumen terhadap dirinya adalah berupa penggunaan kosmetik. Kosmetik merupakan salah satu faktor penting dalam penggunaan kosmetik, konsumen sangat ketergantungan terhadap pemakaian kosmetik dan juga bisa menjamin kehadiran kosmetik dapat menjaga penampilan seseorang. Setiap konsumen mempunyai pertimbangan dalam memilih kosmetik, dan mempunyai motivasi serta persepsi berbeda sebelum melakukan keputusan pembelian. Karena itu, setiap perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan kosmetik harus mengetahui kosmetik seperti apa yang dibutuhkan. Semua produsen kosmetik dapat berlomba menciptakan inovasi baru, model dan desain terus diuji dan dikembangkan sesuai dengan selera konsumen. Melakukan Iklan di berbagai media, hal ini menunjukkan bahwa permintaan pasar kosmetik sangat tinggi.
Dalam pasar kosmetik nasional sendiri terdapat setidaknya beberapa pabrikan atau merek besar yang dari tahun ke tahun terus mendominasi, yaitu CoverGirl, Wardah, Cover Girl, Revlon, L'Oreal dan lain-lain sebagainya, semuanya merupakan komsumsi masyarakat dalam menjaga penampilannya. CoverGirl dari tahun ketahun selalu memimpin pasar, dan merek CoverGirl dengan setia terus bersaing dengan merek lain. Berdasarkan urutan jumlah penjualan, maka kosmetik dengan merek CoverGirl berada pada urutan kedua. Oleh karena itu peningkatan pasar mutlak dilakukan, seiring dengan banyaknya pengguna dan permintaan konsumen terhadap kosmetik di Indonesia.
Sudah bukan rahasia lagi kebanyakan konsumen perempuan menyukai bahkan menjadi keharusan untuk melakukan perawatan tubuh terutama wajah, supaya kelihatan sempurna, apabila di pandang oleh lawan jenis. Maka dari itu banyak konsumen rela memakai dan mencoba berbagai macam kosmetik. Konsumen mengikuti setiap ada iklan di televisi karena ingin mengetahui kelebihan produknya. Sebagai mana diketahui para masyarakat itu setiap hari membutuhkan atau memakai kosmetik untuk merawat diri. Banyak sumber atau pakar kecantikan memberikan pengertian dan pengetahuan tentang kosmetik.
Kosmetik adalah kebutuhan harian yang secara teratur di gunakan untuk tujuan perawatan dan kecantikan. Kosmetik adalah suatu bahan untuk mempercantik diri, dahulu diramu dari bahan-bahan alami disekitar kehidupan manusia, tetapi sekarang di buat manusia tidak hanya dari bahan alam, melainkan juga dari bahan buatan untuk maksud meningkatkan daya tarik seseorang. Setiap hari para konsumen selalu menggunakan kosmetik, pokoknya tiada hari tanpa kosmetik. Semua orang pasti ingin terlihat sempurna. Rasanya kurang nyaman dan kurang percaya diri bila tidak memakai kosmetik, terlebih bila mau keluar rumah seperti mau pengajian, PKK, arisan dan lain-lain sebagainya.
Pada masa dulu kosmetik yang digunakan berasal dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar lingkungan diramu atau digunakan secara langsung. Contohnya seperti : papaya, bengkuang, mentimun, digunakan sebagai masker atau perawat wajah.Beras kencur, alpukat digunakan untuk lulur, Kemiri, lidah buaya digunakan untuk menghitamkan rambut. Semua bahan tadi dapat digunakan secara langsung tanpa adanya campuran bahan kimia dan tidak mempunyai efek samping.
Namun pada masa sekarang seiring dengan berkembangnya zaman, bahan-bahan tersebut diolah secara modern oleh pabrik-pabrik dikemas secara menarik dan praktis. Bahkan terkadang juga ditambahkan bahan buatan yang mungkin mengandung bahan kimia, mengandung mercury atau zat berbahaya lainnya. Dan bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya tadi bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh dan merugikan konsumen. Untuk menghidari bahaya buruk dalam pengunaan kosmetik, ada beberapa cara yang dapat di terapkan dalam memilih kosmetik adalah:
- Pilih merk kosmetik yang teruji keamanannya maupun halalnya dan tercantum izin dari badan POM yang benar,
- Jangan memilih kosmetik karena ikut-ikutan orang atau terpengaruh orang lain, sesuaikan dengan kulit sipemakai,
- Bagi yang memilki kulit berminyak pilihlah pelembab dan yang bebas lemak, berbentuk cair,
- Jika memakai produk pemutih, maka perhatikan hasilnya.bila hanya dalam waktu dua (2) minggu terlihat warna putih pada wajah yang berbeda dengan putih pada organ tubuh lainnya, ,
- Simpan dan jauhkan kosmetik dari sinar matahari
Menurut Permenkes RI. Kosmetik adalah bahan atau campuran bahan untuk digosokkan, dilekatkan, dituangkan, dipercikkan atau disemprotkan pada bagian tertentu, dimasukkan ke dalam dipergunakan pada atau bagian tubuh manusia dengan maksud membersihkan, memelihara, menambah daya tarik atau mengubah rupa, dan tidak termasuk golongan obat-obatan.
Dalam memakai kosmetik, konsumen hendaknya harus teliti dan tahu betul, jangan sampai keliru, karena kalau terjadi kekeliruan nanti berakibat fatal terhadap kulit bahkan mungkin ke organ tubuh. Yang mestinya digosokkan harus digosokkan, yang semestinya disemprotkan harus disemprotkan, yang semestinya digunakan pada badan harus dipakai pada badan jangan sampai dioleskan pada wajah, dan seterusnya, sehingga benar-benar memperoleh hasil yang memuaskan dan sesuai yang diinginkan. Merek dari suatu produk yang mempunyai kualitas yang baik dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, kualitas yang dimiliki suatu merek dapat membentuk citra yang baik di mata konsumen. Dengan mempunyai kualitas yang baik maka konsumen akan mempunyai tanggapan positif terhadap merek tersebut. Tanggapan konsumen tersebut dapat diwujudkan dalam suatu citra merek, dimana citra merek akan mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Dengan membanjirinya produk kosmetik di pasaran dapat mempengaruhi sikap seseorang terhadap pembelian dan pemakaian barang. Pembelian suatu produk bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan (need), melainkan karena keinginan (want). Ditambah dengan ditemukannya konsumen memutuskan memilih menggunakan produk tertentu dalam rangka memperjelas identitas diri agar dipandang baik dalam komunitas tertentu. Dengan semakin pesatnya perusahaan kosmetik di Indonesia, sehingga perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan. Untuk memperluas pangsa pasar, maka perusahaan harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan atau diharapkan oleh konsumennya. Munculnya banyak distributor dan merek kosmetik sekarang ini, membuat konsumen memperoleh banyak pilihan sebelum memutuskan untuk membeli kosmetik.
Saat ini kebutuhan konsumen terhadap produk kosmetik semakin tinggi mengingat diri pribadi konsumen memutuskan memilih menggunakan produk tertentu dalam rangka memperjelas “identitas diri” agar dipandang baik dalam komunitas tertentu. Bahwa kosmetik merek CoverGirl menduduki ranking 2 dalam jajaran top brand index produk dan justru menduduki peringkat 1 dalam jajaran top brand index. Hal ini dapat diartikan bahwa mutu dan kualitas dari produk CoverGirl merupakan kategori produk yang tidak dapat diragukan lagi. Bila ditelisik lebih lanjut, konsumen akan menampakkan perilakunya setelah melakukan persepsi terhadap keputusan apa yang akan diambil dalam membeli suatu produk.
Berdasarkan uraian latar belakang yang tercantum di atas, maka penulis tertarik mengangkat masalah penelitian dengan judul “Pengaruh Iklan Melalui Televisi, Kualitas dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik CoverGirl Pada Kalangan Wanita Lhoksumawe”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah di atas, muncul pertanyaan penelitian sebagai berikut:
- Bagaimana pengaruh iklan melaui televisi, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik CoverGirl pada Kalangan Wanita Lhoksumawe?
- Manakah variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik CoverGirl pada Kalangan Wanita Lhoksumawe?
1.3.1 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui pengaruh iklan melalui televisi, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik CoverGirl pada Kalangan Wanita Lhoksumawe. .
- Untuk mengetahui variabel yang dominan dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik CoverGirl pada Kalangan Wanita Lhoksumawe.
Berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai, kegunaan penelitian yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Bagi peneliti: Penelitian ini dapat digunakan untuk menambah khazanah keilmuan serta pengalaman dalam menganalisis permasalahan khususnya di bidang pemasaran.
- Bagi pihak akademis: Penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan bukti empiris yang diharapkan dapat menambah pengetahuan dan cakrawala berpikir.
- Bagi pengusaha,: Penelitian ini dapat digunakan untuk membantu menentukan strategi pemasaran.