PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dunia bisnis yang tumbuh dengan pesat menjadi tantangan maupun ancaman bagi para pelaku usaha agar dapat memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya. Kepuasan pelanggan merupakan bagian dari pemasaran dan memainkan peran penting di pasar. Strategi pemasaran yang berorientasi pada konsumen membuat perusahaan harus memahami perilaku dan memenuhi maupun kebutuhan konsumen untuk mencapai kepuasan konsumen.
Para pelaku bisnis makanan ditantang untuk menciptakan suatu pelayanan yang baik dan cita rasa yang enak. Oleh karena itu diperlukan sebuah kreatifitas untuk menggeser sebuah pemikiran tradisional dalam kategori bisnis makanan khususnya ayam penyet yang sebelumnya hanya dapat dinikmati oleh kalangan atas saja, kini ayam penyet dapat dinikmati oleh semua kalangan. Ide pelayanan dan cita rasa ini menjadi daya tarik konsumen yang pada akhirnya akan mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Keberhasilan dan kegagalan suatu usaha merupakan kenyataan yang dapat dialami oleh suatu usaha. Dunia usaha penuh dengan persaingan, peluang, tantangan, kegairahan maupun kelesuan yang dapat menyebabkan naik turunnya suatu usaha. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah seorang usahawan jeli dalam melihat suatu peluang dan memanfaatkannya, karena dunia usaha yang penuh tantangan dan kegairahan tidak selalu akan berakhir dengan membawa suatu kesuksesan. Dalam era globalisasi ini, persaingan tidak hanya terbatas secara lokal (daerah tertentu) dan nasional saja, namun sudah secara global, hal ini mengakibatkan semakin banyak variabel-variabel yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis.
Usaha yang sudah banyak terdapat di Aceh adalah usaha restoran dan rumah makan. Rumah makan yang terdapat di Aceh menawarkan berbagai variasi masakan, baik masakan khas Aceh maupun luar Aceh. Dalam melancarkan usahanya, pelaku usaha tersebut harus mengoptimalkan cita rasa pada setiap makanan, hal ini menjadi salah satu faktor utama penentu keberhasilan usaha dalam bidang makanan. Menu makanan yang tersedia kadang kala tidak mempunyai bentuk yang menarik meskipun kandungan gizinya tinggi, dengan arti lain cita rasa dari suatu produk makanan sangat ditentukan oleh tingkat kesukaan kosumen terhadap makanan tersebut. Umumnya pengolahan makanan selalu berusaha untuk menghasilkan produk yang mempunyai cita rasa yang enak. Cita rasa makanan adalah keseluruhan sifat-sifat dari makanan tersebut yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
Suatu usaha dalam mengeluarkan produk sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan begitu maka produk dapat bersaing di pasaran, sehingga menjadikan pelanggan memiliki banyak alternatif pilihan produk sebelum mengambil keputusan untuk membeli suatu produk yang ditawarkan. Rumah makan Selera berusaha menciptakan produk ayam bakar atau ayam penyet yang memenuhi standar rasa nusantara, sehingga bisa dinikmati dan disukai oleh seluruh masyarakat. Rumah makan Selera mengembangkan bisnis sistem wara laba sehingga gerai atau outletnya tersebar di berbagai kota besar yang ada di Aceh dan semua outlet yang ada mempunyai standarisasi rasa yang sama, termasuk yang ada di Kota Banda Aceh.
Pelayanan mempunyai peranan yang sangat penting untuk pengembangan suatu perusahaan. Dengan pelayanan , perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen. Keunggulan-keunggulan dari pelayanan yang disediakan oleh rumah makan Selera sangat berbeda dengan tempat-tempat lain, sehingga kebanyakan pelanggan puas dengan penyediaan layanan yang disediakan oleh usaha rumah makan Selera. jadi pelayanan merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran karena dengan pelayanan bisa membuat konsumen yang semula tidak tertarik terhadap suatu produk bisa berubah fikiran dan menjadi tertarik pada produk tersebut. Perusahaan menggunakan pelayanan untuk memicu transaksi, sehingga konsumen bisa terasa puas dengan apa yang disediakan. Selain itu pelayanan juga mampu merangsang permintaan akan suatu produk. Dengan pelayanan terhadap suatu uasaha, diharapkan konsumen mau mencoba berlangganan pada usaha tersebut dan mendorong konsumen yang sudah ada agar mau berlangganan pada usahanya.
Pelayanan merupakan faktor penting dalam mewujudkan tujuan penjualan suatu perusahaan. Agar konsumen bersedia menjadi langganan, mereka terlebih dahulu harus dapat mencoba untuk berlanggan dan melihat apakah pelayanan yang diberikan baiak atau tidak, akan tetapi mereka tidak akan melakukan berlanggan kembali jika pelayanan yang diberikan kurang memuaskan waktu pertama kali berlanggan. Disinilah perlunya meningkatkan pelayanan yang baik, karena diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
Rumah makan Selera merupakan sebuah usaha kuliner yang bergerak pada makanan siap saji, berada di Jalan prof A. Majid Ibrahim. Nama rumah makan Selera begitu tenar sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat yang datang ke Kota Banda Aceh. Hal yang menarik dari Rumah makan Selera ini adalah rumah makan yang berada di pusat kota tepatnya seberang jalan dengan SPBU lama Kota Banda Aceh. Peralatan seperti meja dan kursi tertata dengan rapi dan karyawan yang memakai seragam memudahkan pelangggan dalam memesan makanannya. Karena dari itulah tempat ini tak pernah sepi pengunjung, apalagi saat malam Minggu. Kadang pengunjung harus antri karena meja dan kursi penuh. Kualitas pelayanan merupakan persepsi pelanggan terhadap kepuasan yang dirasakan secara keseluruhan. Persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang disediakan oleh rumah makan Selera, mungkin akan dapat memberikan daya tarik bagi pelanggan yang kemudian akan menciptakan minat bagi pelanggan untuk berlangganan kembali di rumah makan Selera tersebut.
Rumah makan Selera ini juga masih memiliki kekurangan, misalnya lokasinya tidak begitu bebas untuk pengunjung yang dapat megakibatkan para pelanggan yang ingin berkunjung ke Rumah makan Selera harus berhati-hati terhadap keamanan kenderaannya dan juga lokasi parkir yang terbatas membuat pelanggan Rumah makan Selera harus parkir di badan jalan. Ramainya Rumah makan Selera kadang menjadi masalah bagi mereka sendiri. Belakangan ini pelayanannya mulai menurun, bagaimana pelayanan karyawan dan bagaimana cita rasa makanan yang disediakan rumah makan Selera kurang memuasakan dan kadang terkesan adanya unsur keterburuan sehingga makanan yang disajiakan tidak seperti biasanya. Tentu saja hal ini menjadi masalah yang dapat menyebabkan pelanggan merasa kecewa terhadap rumah makan Selera.
Berdasarkan di atas, maka penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pelayanan dan cita rasa beserta kaitannya dengan kepuasan pelanggan sehingga peneliti mengambil judul: “Pengaruh Pelayanan dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan Selera di Kota Banda Aceh Kota Banda Aceh”.
1.2 Rumusan Masalah
Permasalahan penelitian yang dapat disimpulkan dari uraian latar belakang masalah adalah sebagai berikut:
- Apakah pelayanan dan cita rasa mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah makan Selera di Kota Banda Aceh?
- Diantara pelayanan dan cita rasa manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah makan Selera di Kota Banda Aceh?
Tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan cita rasa terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah makan Selera di Kota Banda Aceh.
- Untuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Rumah makan Selera di Kota Banda Aceh.
Adapaun manfaat yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Bagi peneliti, sebagai sarana untuk melatih berpikir secara ilmiah dengan berdasar pada disiplin ilmu yang diperoleh di bangku kuliah khususnya lingkup manajemen.
- Bagi pembaca, untuk menambah informasi dan sumbangan pemikiran serta bahan kajian dalam penelitian.
- Bagi peneliti lebih lanjut, peneliti ini diharapkan dapat memotivasi peneliti lain yang ingin mengadakan penelitian-penelitian yang belum terjangkau dalam penelitian sehubungan dengan penelitian ini.
- Sebagai bahan masukan pada rumah makan Selera dan memberikan perhatian dalam hal pelayanan, dan cita rasa sehingga akan berdampak pada kepuasan pelanggan yang optimal.