Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Responsive Ad Slot

Analisis Pengaruh Merek dan Program Aplikasi Internet Terhadap Keputusan Pembelian Xiaomi di Kota Banda Aceh

Analisis Pengaruh Merek dan Program Aplikasi Internet Terhadap Keputusan Pembelian
BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian 
Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang berkembang dengan pesat membuat setiap individu terdorong untuk memiliki sebuah alat yang mampu memenuhi kebutuhan dalam mengakses kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi tersebut, salah satunya dengan menggunakan handphone. Fungsi awal handphone adalah hanya sebagai alat untuk menelepon dan mengirim pesan singkat, tetapi dikarenakan perkembangan teknologi yang tak terbendung saat ini alat tersebut memiliki fungsi lebih banyak lagi diantaranya adalah memiliki kamera dan dapat berinternet.Sejalan dengan berkembangnya teknologi yang terdapat pada handphone, maka berkembang pula sistem operasi yang tertanam di dalam produk tersebut.

Secara umum sistem operasi adalah perangkat lunak utama yang bertugas melakukan pengendalian terhadap perangkat keras ataupun perangkat lunak lainnya, sehingga perangkat lunak lain tersebut dapat bekerja. Suatu sistem operasi yang terdapat pada handphone akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam handphone tersebut, seperti mengirim pesan, memutar musik, kamera dan lain sebagainya. Oleh karena itu sistem operasi yang terdapat dalam handphone dibutuhkan agar dapat menstabilkan kinerja dari perangkat-perangkat lunak yang tersedia. Sistem operasi yang terdapat di dalam handphone ada beragam macam yang diantaranya adalah sebagai berikut; Symbian OS (Operating System), windows 8, iOS (Operating System), Blackberry OS (Operating System) dan Android OS (Operating System).

Kota Banda Aceh menjadi salah satu lokasi penelitian untuk kasus Xiaomi , dimana Kota Banda Aceh merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Aceh mempunyai jumlah penduduk sekitar 23.000 jiwa yang terdapat dari 23 kecamatan. Dengan status kabupaten yang memiliki pengusaha-pengusaha sukses dan intelektual-intelektual yang di perhitungkan oleh daerah-daerah lain. Masyarakat Pidie memiliki berbagai perbedaan dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini terbukti dengan bermacam cara masyarakat dalam memenuhi kehidupanya. Di kalangan masyarakat Pidie Handphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari baik segi kebutuhan bisnis, kuliah, informasi publik dan sebagainya. Dasar kebutuhan tersebut sudah menjadi motivasi masyarakat dalam memutuskan untuk membeli Xiaomi . Hal itu tercermin dari berbagai kalangan masyarakat sudah memiliki Handphone (smartphone) Android  dengan berbagai merek. Salah satu merek yang paling diminati oleh masyarakat pidie terhadap produk Xiaomi  adalah Xiaomi. Alasan masyarakat memilih Xiaomi disebabkan dengan tersedianya berbagai aplikasi yang penting seperti aplikasi internet yang mempunyai kualitas bagus, ditambah lagi dengan adanya berbagai aplikasi pelengkap internetnya seperti blackberry mensenger, facebook, Widgat dan lain-lainnya. Atas dasar itu Xiaomi  merek Xiaomi menjadi idola masyarakat Kota Banda Aceh khusunya.

Android merupakan sistem operasi yang dimiliki oleh Google Inc yang sebelumnya dibeli dari Android Inc yang merupakan perusahaan kecil pada tahun 2005. Ada beberapa perusahaan yang menggunakan sistem operasi Android diantaranya adalah Motorola, Xiaomi, Sony Ericsson (yang saat ini diakuisisi oleh Sony), Toshiba, Vodafone, HTC dan LG HTC merupakan handphone bersistem operasi Android pertama. Keputusan konsumen untuk membeli suatu produk didasari dengan adanya minat beli. Maka dari itu minat beli mempunyai faktor yang kuat terhadap keputusan pembelian suatu produk. Persepsi harga merupakan salah satu faktor konsumen untuk menentukan keputusan pembelian pada produk. Dimana harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut. persepsi adalah suatu proses dari seorang individu dalam menyeleksi, mengorganisasikan dan menerjemahkan stimulus–stimulus atau informasi yang datang menjadi suatu gambaran yang menyeluruh. Dengan demikian penilaian terhadap harga suatu produk dikatakan mahal, murah atau biasa saja dari setiap individu tidaklah harus sama, karena tergantung dari persepsi individu yang dilatarbelakangi oleh lingkungan kehidupan dan kondisi individu.

Berbagai macam produk baru bermunculan mengikuti arus kebutuhan persaingan pasar. Produk yang baru lahir biasanya lebih mengutamakan daya tarik untuk merebut posisi di pasar, baik dari segi kemasan maupun cita rasa. Tidak jarang ada beberapa produsen menghasilkan produk “baru” yang merupakan produk hasil inovasi peniruan yang menunjukkan tidak adanya perbedaan pola pengkonsumsian dan hanya menciptakan kembali produk yang sudah ada dengan sedikit modifikasi. Dalam kondisi semakin meningkatnya persaingan antara produk-produk sejenis, maka perusahaan yang satu dengan yang lain saling bersaing merebutkan konsumen. Perusahaan yang mampu menciptakan dan mempertahankan pelangganlah yang akan sukses dalam persaingan. Setiap perusahaan berusaha untuk memahami perilaku konsumen pada pasar sasaran untuk kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Perilaku konsumen yang ada tersebut akan mempengaruhi cara konsumen dalam melihat atau memandang suatu produk. Konsumen dalam memilih suatu brand produk akan melalui tahap percobaan terlebih dahulu, pada tahap ini seringkali konsumen akan mencoba berbagai brand yang berbeda. Jika dirasakan bahwa brand tersebut cocok dan memenuhi apa yang diharapkan dari produk sejenis maka konsumen akan terus mencari brand tersebut.

Brand atau Merek adalah nama, istilah, tanda, symbol desain, ataupun kombinasinya yang mengidentifikasi suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Brand Loyalty (loyalitas merek) merupakan suatu ukuran keterkaitan pelanggan kepada sebuah merek. Ukuran ini mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya seorang pelanggan beralih ke merek produk yang lain, terutama jika pada merek tersebut didapati adanya perubahan, baik menyangkut harga ataupun atribut lain. Begitu juga dengan produk handphone yang sekarang ini sedang berkembang pesat yaitu smartphone. Produk handphone Xiaomi yang selalu dan selalu mengeluarkan berbagai inovasi dapat menarik minat konsumen. Dalam hal ini konsumen akan dimanjakan dengan berbagai produk yang sangat menarik. Disinilah loyalitas konsumen teruji. Menghadapi persaingan yang semakin ketat, Xiaomi terus berupaya menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat menarik konsumen. Berbagai brand Smartphone yang banyak beredar di pasaran antara lain Apple, Nokia, Blackberry, dan sebagainya. Produk smartphone Xiaomi yang ada selama ini mendapatkan tempat yang cukup baik dimata konsumen. Produk tersebut mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan produk lain yang sejenisnya. Kelebihan yang ada tersebut antara lain menyediakan banyak fitur, harga relatif terjangkau, dan sudah lamanya brand tersebut beredar di pasaran. Smartphone Xiaomi juga memudahkan cara pemakaiannya daripada smartphone lainnya. Inovasi ini diciptakan agar konsumen merasa puas dan diharapkan Smartphone Xiaomi dapat merebut pangsa pasar.

Dalam pengertian singkat, smartphone adalah sebuah device yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi (seperti menelpon atau sms) juga di dalamnya terdapat fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan berkemampuan seperti layaknya komputer. Dalam perkembangan awal, kita hanya mengenal adanya Handphone dan PDA. Handphone pada umumnya digunakan untuk melakukan komunikasi seperti menelepon sedangkan PDA digunakan sebagai asisten pribadi dan organizer. Pada saat yang bersamaan juga Handphone mendapatkan penambahan fitur yakni kemampuan untuk mengirim pesan. Pada akhirnya PDA menambahkan fungsi Handphone pada device-nya, begitupun juga handphone diberikan fitur PDA (yang lebih banyak) di dalamnya, sehingga hasilnya adalah sebuah Smartphone. Syarat-syarat sebuah ponsel bisa dikatakan smart dalah sebagai berikut :
  • Sistem Operasi: Ciri utama sebuah smartphone adalah memiliki sistem operasi di dalamnya yang memungkinkan kita menjalankan berbagai aplikasi, misalnya Windows Mobile, Android, Symbian, ataupun Sistem Operasi Blackberry.
  • Software / Aplikasi: Sebuah smartphone selalu dilengkapi berbagai aplikasi/software yang tentunya ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan mendukung kegiatan sehari-hari. Misalnya Doc To Go, untuk membuat dan mengedit dokumen word di Smartphone.
  • Mengakses Internet/ Web: Kemampuan lain yang dimiliki oleh sebuah smartphone adalah biasdigunakan mengakses web/ internet dan konten yang disajikan di broswernya, sudah hampir mendekati seperti layaknya kita mengakses web lewat komputer. Opera Mobile, SkyFire Mobile, IE Mobile adalah contoh beberapa browser di sebuah smartphone.
  • Keyboard QWERTY: Ciri khas lainnya dari Smarphone adalah QWERTY Keyboard, ini tentunya untuk mempermudah pengguna smartphone untuk mengetik dokumen atau mengirim pesan. Tampilan QWERTY Keyboard bisa dalam bentuk fisik (hardware) misalnya seperti pada Blackberry, juga bisa tampil dalam bentuk Keyboard virtual seperti pada iPhone.
  • Messaging: Kemampuan mengolah pesan pada smartphone tidak hanya terbatas pada kirim sms, tapi juga telah dilengkapi kemampuan mengirim email dan bahkan proses sinkronisasi dengan komputer lokal ataupun server internet, sehingga dengan mudah kita bisa mengakses pesan yang sama baik lewat smartphone maupun komputer kita.
Smartphone merupakan sebuah produk yang mengusung teknologi modern dan inovatif sehingga penggunanya pun harus memiliki kecerdasan dan pengetahuan yang memadai agar fungsi dari smartphone tersebut menjadi optimal. Hal ini menyebabkan smartphone disukai oleh kalangan berusia produktif, terutama pada rentang usia 17–30 tahun. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok yang dapat merespon kemunculan smartphone dengan baik karena fungsi yang dimiliki smartphone terasa menunjang kebutuhan akan tugas, komunikasi, akses internet, hiburan, gaya hidup, dan lain sebagainya. Dilihat dari kalangan mahasiswa sendiri pola konsumsi mereka biasanya disesuaikan dengan kubutuhannya sehari-hari baik dari pergaulan atau dari kebutuhan yang mendukung kegiatan mereka sebagai seorang mahasiswa. Kemudian dilihat dari lingkungan ekonominya seorang mahasiswa rata-rata belum memiliki penghasilan sendiri, namun masih menggandalkan uang saku ataupun dari pemberian orang tua. Pertumbuhan pengguna Handphone merek Xiaomi berbasis android di Indonesia sekitar 50 ribu pengguna, karena itu peneliti ingin mengetahui dan mengkaji faktorapa saja yang dipertimbangkan konsumen terutama mahasiswa dalam memutuskan membeli handphone merek Xiaomi berbasis Android.

Berdasarkan uraian dari permasalahan di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: “Analisis Pengaruh Merek dan Program Aplikasi Internet Terhadap Keputusan Pembelian Xiaomi di Kota Banda Aceh

1.2 Rumusan Masalah 
Berdasarkan latar belakang peneliian di atas maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu :
  1. Bagaimana pengaruh merek terhadap keputusan pembelian  Xiaomi  di Kota Banda Aceh ? 
  2. Bagaimana pengaruh program aplikasi internet terhadap keputusan pembelian  Xiaomi  di Kota Banda Aceh ? 
  3. Variabel manakah diantara  merek dan program aplikasi internet yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian  Xiaomi  di Kota Banda Aceh ? 
1.3 Tujuan Penelitian 
  1. Untuk mengetahui pengaruh merek terhadap keputusan pembelian  Xiaomi  di Kota Banda Aceh.
  2. Untuk mengetahui pengaruh program aplikasi internet terhadap keputusan pembelian  Xiaomi  di Kota Banda Aceh.
  3. Untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian  Xiaomi  di Kota Banda Aceh.
1.4  Mafaat dari penelitian 
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. Manfaat Praktis: Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai dasar yang objektif dalam mengambil keputusan serta sebagai pedoman untuk menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh perusahaan di masa yang akan datang.
  2. Manfaat Teoritis : Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan acuan bagi peneliti berikutnya yang berminat di bidang perilaku konsumen.
Untuk file lengkap silakan hubungi : 085275077070

Related Posts :