PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan dunia saat ini berjalan dengan pesat, yang menciptakan suatu persaingan yang semakin ketat. Hal ini yang menuntut produsen untuk lebih peka, kritis dan reaktif terhadap perubahan yang ada, baik politik, sosial budaya, dan ekonomi. Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat mencapai sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen dengan harga yang pantas. Dengan demikian, setiap perusahaan harus mampu memahami kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya.
Perusahaan harus bekerja keras membuat kebijakan- kebijakan strategis baru dalam menjual produk dan jasa mereka dalam kaitannya menghadapi persaingan yang ketat dengan competitor yang dapat memberikan value yang lebih besar kepada customer. Pada dasarnya dengan semakin banyaknya pesaing maka semakin banyak pula pilihan bagi pelanggan untuk dapat memilih produk yang sesuai dengan apa yang menjadi harapannya. Sehingga konsekuensi dari perubahan tersebut adalah pelanggan menjadi lebih cermat dan pintar dalam menghadapi setiap produk yang diluncurkan di pasar. Perusahaan menggunakan berbagai strategi pemasaran untuk memicu keinginan konsumen, sehingga konsumen mau membeli suatu merek tertentu serta mendorong tenaga penjualan untuk secara agresif menjualnya. Selain itu strategi pemasaran mampu merangsang permintaan akan suatu produk.
Dengan strategi pemasaran tersebut diharapkan konsumen mau mencoba produk tersebut dan mendorong konsumen yang sudah ada agar membeli produk lebih sering lagi sehingga akan terjadi pembelian ulang dan volume penjualan produk suatu perusahaan akan meningkat. Setiap akan melakukan keputusan pembelian, konsumen melakukan evaluasi mengenai sikapnya. Kepercayaan digunakan konsumen untuk mengevaluasi sebuah merk, kemudian dia akan dapat mengambil keputusan membeli atau tidak, untuk seterusnya konsumen akan loyal atau tidak. Hal ini berlaku juga pada produk pompa air merek Hitachi.
Toko Sumatera Elektronik Banda Aceh semakin menggiurkan konsumen, karena kebutuhan akan pompa air terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat pada daerah itu. Wirausaha yang menggarap bisnis elektronikpun semakin banyak dan terus melakukan ekspansi untuk memperluas jaringan pasar produk-produknya. Bayangkan saja, kebutuhan masyarakat akan pompa air sangat tinggi. Padahal ketersediaan pompa air yang layak pakai dalam arti berkualitas dan terjamin dari segi tahan lama masih berkurang.
Disamping tingginya akan permintaan pompa air di kalangan masyarakat Banda Ach, maka rendahnya hambatan untuk memasuki industri pasar telah mengakibatkan pertumbuhan yang pesat dalam kemunculan usaha-usaha elektronik yang baru. Pada saat ini tercatat ribuan produk pompa air merek Hitachi yang beredar di seluruh Banda Ach. Namun ada beberapa merek lain yang menyaingi produk pompa air, seperti Sanyo, LG, dan beberapa merek cina dimana masing-masing menawarkan berbagai keunggulan. Dengan munculnya berbagai produk baru maupun penyempurnaan produk lama, para produsen semakin terpacu untuk menciptakan produk yang mampu bersaing dan mencoba untuk memenuhi keinginan dan selera konsumen.
Hitachi memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua masyarakat di Indonesia. Dimulai dengan kehadiran produk-produk keluaran Hitachi seperti televisi, radio kulkas dan berbagai produk lainnya yang bermerek Hitachi, seiring dengan bergantinya tahun ada beberapa inovasi yang terus dilakukan oleh perusahaannya sampai inovasi dengan mengganti nama national. Sampai saat ini Hitachi di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV, Kamera, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lainnya.
Kesetiaan konsumen tidak dapat begitu saja diraih, tetapi memerlukan proses panjang untuk meyakinkan bahwa Hitachi merupakan pompa air terbaik. Membangun kepercayaan konsumen telah dilakukan oleh perusahaan Hitachi sejak didirikan. Hal ini dibuktikan dengan inovasi yang telah dilakukan oleh Hitachi. Inovasi tersebut berupa selalu melakukan pengembangan dan diversifikasi terhadap produk Hitachi serta membangun aliansi dengan merek terkenal, untuk peningkatan kualitas dan memperkuat pasar. Adapun kelebihan kualitas Hitachi dibanding dengan merek lain adalah a) Pompa Air Hitachi berasal dari perusahaan Hitachi terkemuka di Indonesia.
Tempat dan wilayah pemasarannya terjamin tampa ada produk tiruan. b) Pompa Air Hitachi diproses dengan teknologi tinggi dan penuh kontrol kualitas di setiap titiknya. Ruang produksi dan mesin-mesin senantiasa disanitasi secara rutin. pompa air Hitachi menerapkan inline system, sebuah sistem produksi yang berkesinambungan tanpa terputus mulai dari pemrosesan pompanya hingga pemasangan segel dengan seminimal mungkin. Selain itu, tersedia peralatan terbaru di setiap pabrik yang akan mengontrol kualitas produk yang dihasilkan. Dengan adanya pemrosesan yang berteknologi tinggi dan peralatan lengkap. c) Pompa air Hitachi selalu memperhatikan kualitas produknya, mulai dari pemilihan sumber, pemrosesan sampai dengan penanganan produk. Ada standar penyimpanan dan penanganan produk yang harus ditetapkan untuk tetap menjaga kualitas pompa air Hitachi sampai di tangan anda. Proses kontrol kualitas inilah yang paling membedakan pompa air Hitachi dengan pompa air lainnya. d) Standar kualitas pompa air Hitachi sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) maupun World Health Organization (WHO) sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.
Oleh sebab itulah, kebanyakan konsumen sudah mengetahui berbagai kelebihan produk pompa air yang bermerek Hitachi dan memutuskan untuk membeli produk tersebut. Dasar prilaku konsumen yang berbeda-beda dalam memutuskan sesuatu dalam pembelian, maka timbul kekhawatiran usaha-usaha elektronik dalam melayani konsumen khususnya pada usaha toko elektronik Sumatera Elektronik Banda Aceh . Berdasarkan uraian di atas, dimana pasar selalu dinamis dan semakin menuntut pihak pemasar untuk melakukan antisipasi pemasaran produknya, maka menarik untuk meneliti tentang “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian Pompa Air Merek Hitachi pada Toko Sumatera Elektronik Banda Aceh”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan data yang diperoleh menunjukkan suatu masalah yaitu terjadi penurunan tingkat market share dari produk pompa air Hitachi. Dari masalah penelitian tersebut maka dimunculkan pertanyaan penelitian sebagai berikut :
- Faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pompa air merek Hitachi pada toko Sumatera Elektronik Banda Aceh?
- Bagaimanakah pengaruh masing-masing variabel terhadap keputusan pembelian pompa air merek Hitachi pada toko Sumatera Elektronik Banda Aceh?
- Diantara variabel yang diteliti, manakah variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian pompa air merek Hitachi pada toko Sumatera Elektronik Banda Aceh?
Terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
- Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pompa air merek Hitachi pada toko Sumatera Elektronik Banda Aceh?
- Untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel terhadap keputusan pembelian pompa air merek Hitachi pada toko Sumatera Elektronik Banda Aceh?
- Untuk mengetahui manakah variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian pompa air merek Hitachi pada toko Sumatera Elektronik Banda Aceh?
Adapun kegunaan atau manfaat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
- Kegunaan Teoritis: Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menguatkan teori tentang perilaku konsumen, khususnya tentang keputusan pembelian Pompa Air merek Hitachi.
- Kegunaan praktis: Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk pedoman perusahaan atau usaha toko Ari Prima Beureunue dalam mengenal perilaku konsumen dalam pembelian pompa air merek Hitachi khususnya.