BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Kecantikan merupakan modal dasar bagi wanita modern yg senantiasa ingin menunjukkan eksistensi dirinya dalam sosialitas. Banyak cara yg dapat dilakukan wanita dalam upayanya untuk mencapai kecantikan yg diidam-idamkan. Gaya hidup modern yg cenderung praktis menuntut orang melakukan pekerjaan dengan cara yg cepat serta mudah. Hal ini berlaku juga dalam hal pemilihan kosmetik bagi wanita yg selalu ingin menghias atau mempercantik diri yg diperoleh dengan proses yg cepat. Penampilan pada wanita begitu sangat penting.
Bagi kaum wanita, kecantikan dan daya tarik fisik sangat penting bagi umat manusia. Karena dukungan sosial, popularitas, pemilihan teman hidup dan karir dipengaruhi daya tarik fisik seseorang. Kosmetik merupakan produk yg unik karena selain produk ini memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan mendasar wanita akan kecantikan sekaligus seringkali menjadi sarana bagi konsumen untuk memperjelas identitas dirinya secara social dimata masyarakat.
Produk-produk kecantikan saat ini telah banyak dijumpai di pasaran, mulai dari produk kecantikan yg dikhususkan bagi jenis kulit tertentu, hingga produk kecantikan (kosmetik) yg memiliki lisensi halal bagi kaum muslimah. Begitu banyaknya produk kosmetik yg ditawarkan dengan memberikan manfaat dalam penggunaan yg dibutuhkan oleh konsumen memacu semangat para produsen untuk meraih peluang bisnis yg ada sehingga dari peluang tersebut didapatkan keuntungan yg maksimal. Dengan majunya teknologi dan peradaban, selera pasar konsumen semakin maju pula. Konsumen semakin hari semakin kritis. Mereka menuntut kualitas, layanan, kecepatan, flexibilitas dan harga bersaing. Sehingga pengusaha atau produsen dewasa ini cenderung lebih memperhatikan kepentingan konsumen dalam hal memasarkan produk yg dihasilkan guna menciptakan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan sasaran dari semua kegiatan pemasaran yg dilakukan dengan sukses.
Kepuasan konsumen dapat diukur dengan membandingkan harapan konsumen terhadap produk pendukungnya. Untuk itu produsen selalu berusaha menghasilkan produk kosmetik yg berkualitas, sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan suatu model pemasaran yg tepat, dimana pemasaran merupakan salah satu titik permulaan dari proses pertumbuhan suatu perusahaan. Guna mencapai suatu kepuasan konsumen dalam memilih suatu produk maka seorang pengusaha atau produsen harus dapat memberikan kulitas terhadap suatu merknya. Kualitas mencerminkan semua dimensi penawaran produk yg menghasilkan manfaat bagi konsumen. Dimana merk sangat mempengaruhi fungsi-fungsi produksi dan keuangan sebuah perusahaan serta kegiatan-kegiatan pemasaran lainnya. Merk adalah nama, istilah, tanda, simbol/lambang, desain, warna, gerak, atau kombinasi atributatribut produk lainnya.
Pada dasarnya suatu merek juga merupakan janji penjual untuk secara konsisten menyampaikan serangkaian ciri-ciri, manfaat, dan jasa tertentu kepada para konsumen. Citra merek yg kuat memberikan sejumlah keunggulan, seperti posisi pasar yg lebih superior dibandingkan pesaing, kapabilitas unik yg sulit ditiru, loyalitas pelanggan dan pembelian ulang yg lebih besar, dan lain-lain. Keunggulan seperti inilah yg mendorong setiap perusahaan untuk berjuang keras dalam rangka mengelola merknya sedemikian rupa sehingga dapat memperoleh posisi terbaik dalam benak konsumen. Produk kosmetik yg mempunyai merek dengan kualitas yg memiliki ciri dan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan keingginan konsumen dapat dipastikan mempunyai hasil penjualan yg tinggi karena produk yg dihasilkan adalah benar-benar dibutuhkan konsumen, seperti halnya Wardah yg diproduksi oleh perusahaannya.
Maraknya kehidupan wanita yg mengadopsi budaya luar dengan berbagai macam gaya, merambah pula penggunaan kosmetik wardah yg memang diperuntukkan bagi kaum wanita. Produk kecantikan ini merupakan salah satu produk kosmetik yg dihasilkan oleh PT. Pusaka Tradisi Ibu yg didirikan oleh Nurhayati Subakat. Usaha ibu tiga anak ini lambat laun bisa diterima pasar. Sedangkan idenya membuat kosmetik khusus ditujukan untuk kaum wanita baru muncul sepuluh tahun kemudian.
Wanita merupakan pecinta penampilan, oleh sebab itu wanita sering diidentik dengan kecantikan. Salah satu hal yg dicoba wanita zaman sekarang untuk mempercantik diri adalah dengan menggunakan berbagai peralatan rias, diantaranya adalah kosmetik. Atas dasar itu wanita sering melirik berbagai jenis riasan untuk digunakan seperti produk yg terkait dengan penelitian ini yaitu produk wardah. Produk wardah sudah diminati oleh kalangan wanita di Kabupaten Aceh Barat khususnya, hal itu dapat kita lihat bersama dengan antusiasnya wanita-wanita di Kabupaten Aceh Barat dalam menggunakan kosmetik wardah dalam beberapa tahun kebelakang. Dari data yg diperoleh oleh Penulis, tercatat sebanyak 63 % wanita yg menggunakan produk kosmetik Wardah dari keseluruhan wanita yg ada di indonesia. Hal ini bisa dikatakan sangat tinggi peminat di kalangan wanita mengingat begitu banyaknya produk kosmetik yg bermerek lain.
Wardah adalah merek kosmetik yg telah mendapatkan sertifikasi halal dari LP POM MUI serta memberikan jaminan kebaikan produk. Apalagi bahan baku yg digunakan untuk produk kosmetik wardah sangat aman dan halal sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Adanya label halal pada produk Wardah akan membantu kedua belah pihak, baik produsen yg memproduksi maupun konsumen yg mengkonsumsi. Selain itu, adanya label halal akan melindungi pengusaha dari tuntutan konsumen dikemudian hari, serta akan melindungi konsumen dari keraguan dalam menggunakan produk. Tidak hanya itu, saja, dengan adanya label halal maka dapat meningkatkan kepercayaan konsumen yg mayoritas muslim terhadap produk wardah, serta bisa memperkuat dan meningkatkan image produk. Dengan demikian, adanya label halal secara langsung maupun tidak akan mempengaruhi persepsi konsumen yg tentunya juga berakibat pada keputusan pembelian produk.
Pemilihan kalangan wanita Kabupaten Aceh Barat sebagai target pemasarannya adalah karena kecenderungan wanita yg rata-rata adalah anak muda senantiasa ingin tampil cantik dalam penampilan sehari-harinya, yg salah satunya dapat dilakukan dengan mempergunakan kosmetik. Keunggulan dari produk wardah dibanding dengan produk kosmetik lainnya. Faktor yg dilirik oleh kalangan wanita di Kabupaten Aceh Barat dalam memutuskan untuk membeli produk wardah yaitu kualitas produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Kualitas produk, harga, promosi dan saluran distribusi dapat disebut sebagai bagian ujung tombak pemasaran.
Kini, hampir semua orang telah mengenal Wardah. Wardah bahkan telah menjadi produk kosmetik berkelas yg harganya lumayan mahal. Namun demikian, penjualan produk ini terus mengalami peningkatan seiring ekspansi Wardah menjadi kosmetik di bidang hiburan tanah air. Para artis kini pun kita lihat nyaman memakai wardah. Secara umum, inilah alasan orang mengapa memilih Wardah sebagai kosmetik pilihan, dan ini juga bisa menjadi alasan bagi anda mengapa harus beralih ke Wardah: (1) Jaminan halal bagi para wanita yg ingin tetap cantik, sehat dan halal, (2) Wardah memberikan kecantikan yg elegan, (3) Meskipun mahal namun awet, (4) Kandungan bahan yg menutrisi kulit.
Pada umumnya wanita memilih wardah juga karena nama brand wardah yg sudah cukup terkenal, sehingga orang merasa bangga saat menggunakan produk dengan merek terkenal dan tak diragukan lagi kualitasnya. Begitu halnya konsumen atau pelanggan yg berada di Kabupaten Aceh Barat, mereka melirik setiap kebijakan-kebijakan yg dikeluarkan oleh perusahaan Wardah apakah setiap kebijakan itu dapat bermanfaat bagi konsumen atau malah sebaliknya, misalnya konsumen melihat bagaimana kualitas produknya, apakah memenuhi standar mutu. Dari sisi harga konsumen melihat batas kewajaran harga yg diberlakukan di pasaran apakah dapat memenuhi standar yg dibutuhkan oleh konsumen dalam arti kata harga yg dapat dijangkau oleh konsumen pada umumnya. Sisi promosi, konsumen melihat bagai kebijakan promosi yg dilakukan dan dalam apakah sudah mencapai nilai tawar dari kebanyakan konsumen terhadap produk yg di pasarkan begitu halnya dengan saluran distribusinya, konsumen juga melihat kemana saja daerah pemasaran produk wardahnya apakah sudah menyeluruh dan terjamin stok barangnya.
Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian yg didasarkan pada Kualitas Produk, harga, promosi dan saluran distribusi yg justru kemudian memunculkan sebuah pertanyaan pengaruh Produk, harga, promosi dan saluran distribusi tersebut dalam memutuskan pembelian yg penulis rangkum dalam sebuah judul skripsi yaitu “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian Kosmetik Wardah pada kalangan Wanita di Kabupaten Aceh Barat” .
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan pemaparan latar belakang yg telah diuraikan diatas, maka ditarik suatu rumusan masalah sebagai berikut:
- Apa saja faktor-faktor yg mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian Kosmetik Wardah pada kalangan Wanita di Kabupaten Aceh Barat.
- Bagaimana pengaruh masing-masing variabel terhadap keputusan pembelian Kosmetik Wardah pada kalangan Wanita di Kabupaten Aceh Barat.
- Diantara variabel yg hendak diteliti, variabel manakah yg dominan mempengaruhi keputusan pembelian Kosmetik Wardah pada kalangan Wanita di Kabupaten Aceh Barat.
Dalam penelitian ini terdapat beberapa tujuan yg ingin dicapai, yaitu;
- Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yg mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian Kosmetik Wardah pada kalangan Wanita di Kabupaten Aceh Barat.
- Untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel terhadap keputusan pembelian Kosmetik Wardah pada kalangan Wanita di Kabupaten Aceh Barat.
- Untuk mengetahui variabel manakah yg paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian Kosmetik Wardah pada kalangan Wanita di Kabupaten Aceh Barat.
Dalam penelitian ini juga terdapat beberapa kegunaan atau manfaat, yaitu;
- Kegunaan untuk peneliti, henda sebagai bahan ajaran untuk mengetahui berbagai prospek pemasaran menygkut produk wardah.
- Kegunaan untuk Akademisi, adanya penambahan gudang ilmu atau pustaka sebagai landasan untuk mengkaji menygkut ilmu manajemen pemasaran.
- Kegunaan untuk pihak lain, sebagai referensi peneliti selanjutnya dalam melekukan penelitian dengan kasus yg sama dan tolak pikir perusahaan dalam mengmbil kebijakan-kebijakan pemasaran.
Facebook: https://www.facebook.com/fadlul.fe