Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Responsive Ad Slot

Analisis Pengaruh Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Ayam Penyet Pak Ulis Di Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat

Analisis Pengaruh Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Keberhasilan dan kegagalan suatu usaha merupakan kenyataan yang dapat dialami oleh suatu usaha. Dunia usaha berisi dengan persaingan, peluang, tantangan, kegairahan maupun kelesuan yang dapat menyebabkan naik turunnya suatu usaha. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah seorang usahawan jeli dalam melihat suatu peluang dan memanfaatkannya, karena dunia usaha yang penuh tantangan dan kegairahan tidak selalu akan berakhir dengan membawa suatu kesuksesan. Dalam era globalisasi ini, persaingan tidak hanya terbatas secara lokal (daerah tertentu) dan nasional saja, namun sudah secara global, hal ini mengakibatkan semakin banyak variabel-variabel yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis. Usaha yang sudah banyak terdapat di Aceh adalah makanan ringan kaki lima  atau usaha  ayam penyet. Usaha ayam penyet  yang terdapat di Aceh menawarkan berbagai variasi rasa untuk menarik minat pelanggan. Dalam melancarkan usaha ayam penyet   maka pelaku usaha tersebut harus mengoptimalkan cita rasa pada setiap makanan, hal ini menjadi salah satu faktor utama penentu keberhasilan usaha dalam bidang usaha makanan.

Persaingan antara usaha penghasil produk makanan cepat saji saat ini sangat kompetitif. Dimana usaha sudah tidak mampu lagi memaksa konsumen untuk selalu membeli produk mereka, pemilik usaha akan kesulitan mengelola pelanggan mereka. Selain itu selera konsumen yang berubah-rubah yang semakin mengikuti perkembangan zaman, serta bermunculannya banyak usaha-usaha makanan siap saji di pasar membuat konsumen semakin kritis dan teliti dalam membeli suatu produk makanan. Untuk mempertahankan pangsa pasar, pemilik usaha terlebih dahulu harus mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan atau konsumen. Pemilik usaha juga harus mengembangkan suatu pemahaman mengenai bagaimana sebenarnya konsumen dalam membuat keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Apakah mereka akan melakukan pembelian ulang atau hanya berhenti pada saat pembelian pertama. Usaha makanan cepat saji adalah salah satu bisnis yang paling kompetitif dan berkembang pesat saat ini. Saat ini di Aceh semakin banyak dijumpai usaha makanan cepat saji baik dari baik usaha makanan siap saji yang di kaki lima atau kedai biasa seperti halnya usaha makanan siap saji di Meureudu maupun daerah-daerah lain. Salah satu dari usaha makanan siap saji yang berkembang di Aceh adalah usaha Busger. Selain ayam penyet sebagai usaha cepat saji, terdapat juga pesaing sejenis yaitu Bakso, Mie Aceh, dan lain sebagainya. Pesaing sejenis tersebut merupakan pesaing terdekat dari ayam penyet yang juga telah dikenal oleh masyarakat luas baik dari segi kualitas rasa makanan maupun pelayanannya.

 Cita rasa yang tersedia kadang kala tidak mempunyai rasa yang menarik meskipun kandungan gizinya tinggi, dengan arti lain kualitas dari suatu produk makanan sangat ditentukan oleh tingkat kesukaan kosumen terhadap makanan tersebut. Umumnya pengolahan makanan selalu berusaha untuk menghasilkan produk makanan yang berkualitas baik. Kualitas makanan adalah keseluruhan sifat-sifat dari makanan tersebut yang berpengaruh terhadap konsumen.

Suatu usaha seperti ayam penyet dalam menjual produk sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan begitu maka  ayam penyet dapat bersaing dengan usaha-usaha lainnya, sehingga menjadikan konsumen memiliki banyak alternatif pilihan makanan sebelum mengambil keputusan untuk membeli suatu produk yang ditawarkan.  Ayam Penyet Pak Ulis  di Kota Meulaboh berusaha menciptakan produk ayam penyet yang memenuhi standar rasa dengan usaha-usaha ayam penyet lainnya, sehingga bisa dinikmati dan disukai oleh seluruh masyarakat khusunnya masyarakat di seputaran Kota Meulaboh. Usaha ayam penyet Pak Ulis mengembangkan bisnis sistem jajananan kaki lima di Kota Meulaboh dan semua ayam penyet yang dijual mempunyai standarisasi rasa yang sama dengan usaha-usaha ayam penyet lainnya, termasuk ayam penyet Pak Ulis di Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Harga  mempunyai peranan yang sangat penting untuk pengembangan suatu usaha. Dengan harga, usaha dapat mempengaruhi minat beli pelanggan terhadap  ayam penyet yang dijual. Harga sangat mempengaruhi simbolis/identik suatu usaha dan bisa membuat konsumen tertarik untuk mencoba dan kemudian akan mengambil keputusan untuk membeli suatu produk makanannya, jadi harga merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran karena dengan harga bisa membuat konsumen yang semula tidak tertarik terhadap suatu produk bisa berubah fikiran dan menjadi tertarik pada produk tersebut. Perusahaan menggunakan harga  untuk memicu transaksi, sehingga konsumen bisa memutuskan untuk  membeli suatu jenis makanan tertentu serta mendorong pemilik usaha untuk secara agresif menjualnya makanannya. Selain itu harga juga mampu merangsang permintaan akan suatu produk makanannya. Dengan harga terhadap suatu produk, diharapkan konsumen mau mencoba makanan tersebut dan mendorong konsumen yang sudah ada agar membeli makanan lebih sering lagi sehingga akan terjadi pembelian ulang dan volume penjualan suatu usaha akan meningkat.

Harga merupakan faktor penting dalam mewujudkan tujuan penjualan suatu usaha. Agar konsumen bersedia menjadi langganan, mereka terlebih dahulu harus dapat mencoba atau meneliti barang-barang yang diproduksi oleh para pemilik usaha, akan tetapi mereka tidak akan melakukan hal tersebut jika kurang yakin terhadap barang itu. Disinilah perlunya mengadakan harga yang terarah, karena diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap meningkatnya penjualan
Rumah Makan ayam penyet Pak Ulis mempunyai standarisasi rasa yang sama di semua jenis ayam penyet yang diproduksikannya, selain itu juga banyak melakukan kegiatan seperti meningkatkan kualitas rasa dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan, sehingga pelanggan akan menyukai ayam penyet yang dijualnya. Selanjutnya pemilik usaha harus bisa menguasai segmentasi pasarnya, supaya mudah dalam mengenal tingkah laku konsumen sebelum mengembangkan usahanya. Berdasarkan Uraian tersebut, maka dilakukan penelitian tentang: “Analisis Pengaruh Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Ayam Penyet Pak Ulis Di Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat”.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
  1. Adakah pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat?
  2. Adakah pengaruh cita rasa terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat?
1.3 Tujuan Penelitian 
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.
  2. Untuk mengetahui pengaruh cita rasa terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.
1.4 Manfaat Penelitian
  1. Manfaat Teoritis: Sebagai bahan referensi dan bahan ajaran bagi penulis dan peneliti selanjutnya dan sebagai pustaka ilmu menyangkut tentang bauran pemasaran dalam ilmu ekonomi manajemen pemasaran.
  2. Manfaat Praktis: Sebagai pengalaman pribadi penulis dalam memantapkan diri dalam menghadapi masa depan dan sebagai bahan masukan pihak usaha Rumah Makan Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Meulaboh khususnya dalam tata kelola usahanya.
Untuk file lengkap silakan hubungi : 085275077070
Facebook: https://www.facebook.com/fadlul.fe

Related Posts :